Session Initiation Protocol (SIP)




RFC 2543
Session Initiation Protocol (SIP) adalah sebuah protokol layer aplikasi kontrol isyarat sederhana untuk implementasi VoIP dengan menggunakan Mode Redirect.

SIP merupakan protokol client-server basis tekstual dan menyediakan mekanisme protokol diperlukan sehingga sistem pengguna akhir dan server proxy dapat memberikan layanan yang berbeda:

1. Call forwarding di beberapa skenario: tidak ada jawaban, sibuk, tanpa syarat, manipulasi alamat (seperti 700, 800, 900 - tipe panggilan).
2. Callee dan identifikasi nomor panggilan
3. Pribadi mobilitas
4. Penelpon dan otentikasi callee
5. Undangan untuk multicast konferensi
6. Dasar Call Distribution Otomatis (ACD)

alamat SIP (URL) dapat tertanam di halaman Web dan karenanya dapat diintegrasikan sebagai bagian dari implementasi kuat (Klik untuk berbicara, misalnya).

SIP menggunakan struktur protokol sederhana, menyediakan pasar dengan operasi cepat, fleksibilitas, skalabilitas dan dukungan multiservice.

SIP menyediakan mekanisme kehandalan sendiri. SIP menciptakan, memodifikasi dan mengakhiri sesi dengan satu atau lebih peserta. Sesi ini mencakup konferensi multimedia internet, panggilan telepon internet dan distribusi multimedia. Anggota dalam sesi dapat berkomunikasi dengan menggunakan multicast atau menggunakan mesh hubungan unicast, atau kombinasi dari semuanya. undangan SIP digunakan untuk membuat sesi membawa deskripsi sesi yang memungkinkan peserta untuk menyepakati satu set jenis media yang kompatibel. Mendukung mobilitas pengguna dengan proxy dan mengarahkan permintaan untuk lokasi pengguna. Pengguna dapat mendaftarkan lokasi mereka saat ini. SIP tidak terikat untuk setiap protokol kontrol konferensi tertentu. Hal ini dirancang untuk menjadi independen dari protokol transport-layer yang lebih rendah dan dapat diperpanjang dengan kemampuan tambahan.

SIP transparan mendukung pemetaan pengalihan nama dan jasa, yang memungkinkan pelaksanaan ISDN dan Intelligent Network layanan pelanggan telepon. Fasilitas ini juga memungkinkan mobilitas pribadi yang didasarkan pada penggunaan identitas pribadi yang unik

SIP mendukung lima segi membentuk dan mengakhiri komunikasi multimedia:

Pengguna lokasi
Pengguna kemampuan
Pengguna ketersediaan
Call setup
Menangani panggilan.

SIP juga dapat melakukan multi-partai panggilan menggunakan unit multipoint kontrol (MCU) atau interkoneksi sepenuhnya-menyatu bukan multicast. gateway Internet telepon yang terhubung Public Switched Telephone Network (PSTN) pihak juga dapat menggunakan SIP untuk mengatur panggilan antara mereka.

SIP dirancang sebagai bagian dari keseluruhan data multimedia IETF dan arsitektur kontrol saat memasukkan protokol seperti RSVP, RTP RTSP, SAP dan SDP. Namun, fungsi dan operasi SIP tidak tergantung pada salah satu protokol ini.

SIP juga dapat digunakan bersama dengan setup panggilan lainnya dan protokol signaling. Dalam mode itu, sistem akhir bursa menggunakan SIP untuk menentukan sistem yang sesuai dan alamat akhir protokol dari alamat tertentu yang protokol-independen. Sebagai contoh, SIP dapat digunakan untuk menentukan bahwa pihak tersebut dapat dicapai dengan menggunakan H.323 untuk menemukan gateway H.245 dan alamat pengguna dan kemudian menggunakan H.225.0 untuk menetapkan panggilan

SIP Operation
Sip bekerja sebagai berikut:
Penelepon dan callees diidentifikasi oleh alamat SIP. Ketika membuat panggilan SIP, penelepon pertama menempatkan server yang sesuai dan kemudian mengirimkan permintaan SIP. Operasi SIP yang paling umum adalah undangan. Alih-alih langsung mencapai callee dimaksudkan, permintaan SIP mungkin dialihkan atau dapat memicu rantai permintaan SIP baru oleh proxy. Pengguna dapat mendaftarkan lokasi mereka (s) dengan server SIP.

pesan SIP dapat ditransmisikan baik melalui TCP atau UDP
pesan SIP berbasis teks dan menggunakan set karakter ISO 10646 dalam UTF-8 encoding. Lines harus diakhiri dengan CRLF. Banyak sintaks header pesan dan lapangan mirip dengan HTTP. Pesan bisa meminta pesan atau pesan respon.

Protocol header structure.
Protokol ini terdiri dari garis start, header pesan, sebuah baris kosong dan badan pesan opsional.

Request Messages



Format dari header paket Permintaan ditunjukkan dalam ilustrasi berikut:

Method/Request URI/SIP version
SIP request packet structure



Method



Metode yang akan dilakukan pada sumber daya. Metoda yang memungkinkan adalah Undangan, Ack, Pilihan, Bye, Batal, Pendaftaran



Command Function



INVITE Initiate Call
ACK Confirm final response



BYE Terminate and transfer call



CANCEL Cancel searches and "ringing"



OPTIONS Features support by other side



REGISTER Register with location service






Request-URI



Sebuah URL SIP atau Uniform Resource Identifier umum, ini adalah pengguna atau jasa yang permintaan ini sedang ditangani



SIP version



Versi SIP yang digunakan; ini harus versi 2.0



Response Message



Format header pesan Respon ditampilkan dalam ilustrasi berikut:




SIP version / Status code / Reason phrase
SIP response packet structure










0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Saefudin Dinejad

Learn the technology, then the world would you hold

468x60 Ads

empty