Teknologi Video IP Perkuat Liputan Olimpiade

Teknologi Video IP Perkuat Liputan Olimpiade
Thursday, 14 August 2008 Dibaca : 21 kali
Jakarta - Cisco mengumumkan penunjukannya oleh NBC untuk menyediakan infrastruktur jaringan video berbasis internet protokol (IP) dan solusi video-encoding selama melakukan liputan Olimpiade Beijing 2008.

Dengan infrastruktur video IP, Cisco mengklaim memberikan keleluasaan kepada personil NBC yang berada di New York dan Los Angeles untuk melakukan penyuntingan file video yang direkam selama pertandingan di Beijing, lalu menampilkannya dalam tiga perangkat: TV, PC dan smartphone.

Pengiriman file bisa dilakukan hingga berukuran gigabyte antara Beijing, New York dan Los Angeles. Padahal, di Olimpiade sebelumnya, para staf NBC dikatakan harus melakukan segalanya secara bertahap dari pengerjaan rekaman pita video hingga penambahan grafis dan caption liputan.

Kali ini, NBC akan menampilkan lebih dari 3.600 jam liputan seputar Olimpiade yang berlangsung selama 17 hari. Ini merupakan salah satu proyek media yang paling ambisius sepanjang sejarah. Akan sangat sulit jika menggunakan pita rekaman guna menghasilkan beberapa salinan sekaligus untuk digunakan pada delapan jaringan yang berbeda termasuk pada situs NBCOlympics.com. Dengan menggunakan alur kerja berbasis file untuk menangani pemilihan rekaman, jaringan dapat memilih sejumlah rekaman lalu mendistribusikannya kepada rekanan afiliasi bahkan sebelum pertandingan usai.

"Kami berhasil mencapai tahap yang benar-benar baru dalam hal video digital, yaitu kemampuan untuk melakukan pemilihan rekaman dengan resolusi rendah, lalu mengirimkannya dalam resolusi tinggi walaupun file tersebut masih dalam tahap perekaman. Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang besar," kata Craig Lau, Vice President untuk Information Technology, NBC Olympics dalam rilis yang diterima detikINET, Kamis (14/4/2008).

Para pemirsa kini dapat menikmati liputan Olimpiade Beijing berupa video sepanjang 2.200 jam yang dapat mereka putar sesuai keinginan menggunakan PC atau laptop mereka, ditambah lagi dengan 3.300 jam konten lainnya berupa highlight, siaran ulang, hingga hasil pertandingan. Tak hanya itu Setiap orang juga dapat menyaksikan tayangan video dan melihat hasil pertandingan menggunakan smartphone.

"Kita tengah menuju era visual-networking di mana video telah mengubah segalanya, termasuk bagaimana masyarakat luas menikmati pertandingan Olimpiade. Tahun ini, jaringan video IP dan teknologi encoding milik Cisco tidak hanya menghadirkan ribuan jam liputan Olimpiade secara real-time, tetapi juga memberikan akses terhadap ratusan video lainnya melalui PC, laptop, maupun perangkat mobile, untuk ikut merasakan suasana Olimpiade kapanpun dan dimanapun," tandas Tony Bates, Senior Vice President & General Manager Cisco Service Provider Group.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Saefudin Dinejad

Learn the technology, then the world would you hold

468x60 Ads

empty