6 Perusahaan TI Dunia Gawangi WiMax


Santa Clara - Untuk mempercepat tersebarnya penggunaan, penyebaran teknologi dan produk WiMAX, Alcatel-Lucent, Cisco, Clearwire, Intel Corporation, Samsung Electronics dan Sprint mengumumkan terbentuknya WiMax Open Patent Alliance (OPA).

OPA menjanjikan bakal meningkatkan kompetisi dalam model hak kekayaan intelektual yang terbuka, sehingga merangsang industri WiMax yang lebih besar, untuk mendukung inovasi melalui pilihan yang lebih luas dan penurunan biaya perangkat dan layanan untuk teknologi WiMax, juga perangkat dan aplikasi secara global.

WiMax adalah teknologi 4G (generasi keempat), teknologi IP-based wireless yang menyediakan solusi hemat dengan kecepatan multi-megabit dan throughput yang lebih besar untuk era mobile Internet dengan konten video yang kaya dan aplikasi yang membutuhkan bandwidth secara intensif.

Untuk mencapai tujuannya, OPA akan membuat sebuah WiMax patent pool untuk membantu perusahaan yang ikut ambil bagian mendapatkan akses untuk lisensi paten dari pemilik paten dengan harga yang dapat diperkirakan.

Patent pool akan mengumpulkan hak paten penting yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan standar WiMax yang telah didefinisikan oleh WiMax Forum dan standarisasi IEEE 802.16e.

Selain sebagai WiMax patent pool, dari keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (12/6/2008), OPA juga akan mengedukasi ekosistem WiMax dan bertugas sebagai pusat informasi untuk topik mengenai hak kekayaan intelektual tentang WiMax.

OPA akan menyertakan paten WiMax penting untuk disertakan dalam patent pool. Pengamat independen dari pihak ketiga akan menjadi 'wasit' dan akan mengevaluasi paten yang masuk untuk menentukan seberapa pentingnya paten tersebut untuk standarisasi WiMax dan untuk WiMax Forum.

Meski untuk awalnya, OPA akan lebih fokus untuk standarisasi WiMax, tapi tidak tertutup kemungkinan akan bekerja di bidang industri lain di masa mendatang.

Didirikan oleh enam perusahaan pendiri awal, OPA diharapkan dapat memastikan partisipasi dari tambahan investor sejumlah enam hingga sembilan perusahaan untuk memastikan kelanjutan WiMax dan mewakili lebih banyak negara.

Masing-masing investor akan memiliki kedudukan pada dewan direksi. OPA akan memiliki staf tersendiri yang akan diarahkan dan bertanggung jawab kepada dewan direksi OPA, dan aliansi ini akan bertindak sebagai agen lisensi untuk WiMax patent pool ini, mewakili pemegang lisensi yang setuju untuk berpartisipasi dalam perkumpulan ini.







0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Saefudin Dinejad

Learn the technology, then the world would you hold

468x60 Ads

empty